Jumat, 15 April 2011

Ayat Al-Qur'an Tentang Pendidikan

AYAT AL – QUR’AN TENTANG PENDIDIKAN
1.      Surat Al – Baqarah Ayat 147
247. Nabi mereka mengatakan kepada mereka: "Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu." mereka menjawab: "Bagaimana Thalut memerintah Kami, Padahal Kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang diapun tidak diberi kekayaan yang cukup banyak?" Nabi (mereka) berkata: "Sesungguhnya Allah telah memilih rajamu dan menganugerahinya ilmu yang Luas dan tubuh yang perkasa." Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha mengetahui

2.      Surat Al – Baqarah Ayat 269
269. Allah menganugerahkan Al Hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).
3.      Surat Ali Imran Ayat 7   
7. Dia-lah yang menurunkan Al kitab (Al Quran) kepada kamu. di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat[1]. Itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat[2]. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, Maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, Padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.
4.      Surat An – Nissa’ Ayat 162  
162. tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. orang-orang Itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.

5.      Surat Yusuf ayat 68 
68. dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka, Maka (cara yang mereka lakukan itu) Tiadalah melepaskan mereka sedikitpun dari takdir Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya. dan Sesungguhnya Dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.
6.      Surat Al – Isra’ Ayat 107
107. Katakanlah: "Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud.
7.      Surat Al – Hajj Ayat 22  
22. Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (kepada mereka dikatakan), "Rasailah azab yang membakar ini".
8.      Surat An – Naml Ayat 15  
15. dan Sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan Kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman".
9.      Surat Al – Mujadallah Ayat 11
11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
10.  Surat At – Taubah Ayat 9  
122. tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.


[1]  Ayat yang muhkamaat ialah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya, dapat dipahami dengan mudah
[2]  Termasuk dalam pengertian ayat-ayat mutasyaabihaat: ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian dan tidak dapat ditentukan arti mana yang dimaksud kecuali sesudah diselidiki secara mendalam; atau ayat-ayat yang pengertiannya hanya Allah yang mengetahui seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan yang ghaib-ghaib misalnya ayat-ayat yang mengenai hari kiamat, surga, neraka dan lain-lain.

8 komentar:

  1. surat at-Tausbah ayat 122 bukan ayat 9, mungkin salah ketik ya ka.. ?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mang salah ketik yang bener ayat 122 bukan 9.
      terima kasih atas sarannya.

      Hapus
  2. terima kasih ya mas, saya butuh data-data ini. untuk melengkapi tulisan saya.

    BalasHapus
  3. mksh ya mas penggti<y bku bcaan sya,

    BalasHapus
  4. Ass.wr.wb. terimakasih atas info tentang ayat al-qur'an yang berkaitan dengan pendidikan. saya memimpikan bagaimana sistem pendidikan di indonesia yang mayoritas muslim ini berdasarkan ayat-ayat tersebut agar muncul lagi generasi seperti para sahabat nabi muhammad saw, yang mereka telah diridloi Allah swt dan telah berhasil mengtelola dunia ini aman dan sejahtera, jangan lagi pakai sistem yang tidak jelas dan masih trial and error sehingga muncul generasi yang jauh dari agama sehingga yang ada hanyalah bencana. semoga para policy maker menyadari pentingnya menyelenggarakan sistem pendidikan yang sudah jelas kebenarannya dan kemanfaatannya bagi genarasi mendatang yang mengikuti jejak para pendahulunya yaitu para sahabat radliahu anhum ajma'in. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam, hal itu adalah tugas kita sebagai muslim tuk menjadikan bangsa kita sebagai penerus dan pencetus bangsa yang berperadaban modern dan berpendidikan berasas islami.

      Hapus